Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa melalui Pendekatan Pembelajaran Experience Learning pada Mata Kuliah BK Sekolah Menengah Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsri

Authors

  • Rahmi Sofah Universitas Sriwijaya

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penerapan pendekatan experience learning dalam pembelajaran Bimbingan dan Konseling di sekolah Menengah pada mahasiswa Program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsri. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pendekatan experience learning berpengaruh terhadap keaktifan mahasiswa dalam belajar pada mata kuliah Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah. Penelitian ini menggunakan metode eksprimen, dengan rancangan pra eksprimen One Group Pretest-Post test Design, karena rancangan tersebut merupakan salah satu desain penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian pra eksprimen dengan observasi yang dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksprimen yang disebut pretes dan sesudah eksprimen yang disebut post test pada subjek penelitian. Subjek penelitian adalah mahasiswa Program studi bimbingan dan konseling FKIP Unsri semester 3 tahun akademik 2019/2020 kelas Palembang yang berjumlah 25 orang. Untuk mendapatkan data menggunakan metode Observasi dengan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik t-tes. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan eksprience learning dapat meningkatkan keaktifan belajar pada Mata Kuliah Bimbingan dan Konseling Sekolah Menengah pada mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsri. Hasil uji t hitung yang diperoleh = 8,56 lebih besar dari t tabel 2,02 , yaitu t hitung 8,56. > t tabel 2,02 dengan df N-1 dalam taraf
sgnifikan 5%. Dengan demikian Pembelajaran dengan pendekatan ekperince learning dapat meningkatkan keaktifan belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Sofah, R. (2025). Meningkatkan Keaktifan Belajar Mahasiswa melalui Pendekatan Pembelajaran Experience Learning pada Mata Kuliah BK Sekolah Menengah Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Unsri. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 27–31. Retrieved from https://jkk-fkip.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JKK/article/view/269

Issue

Section

Articles