Upaya Meningkatkan Pemahaman Disiplin Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal Menggunakan Media Audio Visual pada Siswa Kelas IX di SMP Negeri 9 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman disiplin siswa melalui layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas IX 10 SMP Negeri 9 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK,) dengan subjek penelitian siswa 30 orang siswa, terdiri dari laki-laki 13 orang dan perempuan 17 orang. Adapun tahapan dalam penelitian ini terdiri dari empat fase yaitu planning, action, observation dan reflection. Instrumen pengumpulan data menggunakan metode observasi dan angket. Teknik analisis yang dilakukan dengan menggunakan deskriptif kuantitaif . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa layanan bimbingan klasikal dengan menggunakan media audio visual memberikan peningkatan terhadap
pemahaman disiplin siswa. Sebelum tindakan tidak ada siswa yang masuk kategori tinggi. Setelah diberikan tindakan siswa relatif masuk kategori tinggi. Dengan menggunakan media video memungkinkan siswa tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran serta memudahkan siswa untuk memahami materi layanan.