Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa di SMA Srijaya Negara Palembang

Authors

  • Sigit Dwi Sucipto Universitas Sriwijaya
  • Ratna Sari Dewi Universitas Sriwijaya
  • Nova Elda Sari Universitas Sriwijaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melihat keefektifan model layanan konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama untuk meningkatkan self-efficacy diri siswa SMA Srijaya Negara Palembang. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yaitu yaitu Quasi Experiment. Untuk mengukur keefektifan model layanan konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama untuk meningkatkan self efficacy siswa kelas XI di SMA Srijaya Negara Palembang desain yang digunakan yaitu peneliti adalah pre-experimental: one group pretest-posttest design. Hasil Uji wilcoxon juga menunjukkan Model konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa sebesar 0,005, dikarenakan nilai 0,005 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa “Ha diterima”. Artinya, terdapat perbedaan antara pretest-posttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode teknik psikodrama dalam konseling kelompok terhadap selfefficacy pada siswa SMA Srijaya Negara Palembang. Disimpulkan bahwa model konseling kelompok menggunakan teknik psikodrama terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA.

Downloads

Published

2025-05-23

How to Cite

Sucipto, S. D., Dewi, R. S., & Sari, N. E. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa di SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 45–52. Retrieved from https://jkk-fkip.ejournal.unsri.ac.id/index.php/JKK/article/view/246

Issue

Section

Articles