Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Sikap Saling Menghargai Siswa dalam Bergaul dengan Teman Sebaya Pada Siswa Kelas X di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Palembang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian ini sebanyak 10 orang siswa yang menunjukkan sikap saling menghargai rendah. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling. Penelitian eksperimen ini menggunakan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala psikologi tentang sikap saling menghargai siswa yang telah diuji tingkat validitas dan reabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan sikap saling menghargai siswa setelah diberikan treatment bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap sikap saling menghargai siswa dalam bergaul dengan teman sebaya pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Palembang.