Meningkatkan Kepemimpinan Tranformasional Pengurus OSIS Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi Rapat di SMA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatan kepemimpinan tranformasional pada pengurus OSIS melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi sehingga pengurus OSIS dapat melaksanakan kepemimpinan transformasional tersebut dalam rapat
organisasi. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan PTBK, dengan subjek penelitian berjumlah 9 orang. Instrumen penelitian menggunakan pedoman observasi dan angket. Data dianalisis menggunakan rata-rata nilai kemudian diklasifikasikan menjadi
kategori, sangat tinggi, tinggi, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapat dapat meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS. Sebelum dilakukan
tindakan skor dari subjek penelitian, kepemimpinan transformasionalnya diklasifikasikan rendah. Setelah dilakukan tindakan siklus pertama terjadinya peningkatan kepemimpinan transformasional pada 3 orang Pengurus OSIS yang diklasifikasinya tinggi, sedangkan 6
orang diklasifikasikan rendah. Begitu juga pada siklus kedua terjadi peningkatan signifikan pada 9 orang Pengurus OSIS, yaitu 3 orang klasifikasi sangat tinggi dan 6 orang diklasifikasikan tinggi. Saran kegiatan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi rapat
dapat digunakan untuk meningkatkan kepemimpinan transformasional pengurus OSIS di SMA Negeri 4 Lahat.