Pemberian Layanan Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi dalam Meningkatkan Lulusan Berahlak Mulia
Abstract
Tulisan ini bertujuan memberikan gambaran bahwa layanan pendidikan berkarakter merupakan kewajiban bagi tenaga pendidik di perguruan tinggi dalam meningkatkan lulusan berakhlak mulia. Ruang lingkup bahasan tulisan ini adalah pendidikan akademik berkarakter meliputi beberapa komponen yang terintegrasi dalam Tri darma Perguruan Tinggi, budaya organisasi di perguruan tinggi, kegiatan kemahasiswaan, kegiatan keseharian dan kegiatan budaya perguruan tinggi. Selain itu juga mengkaji beberapa pendekatan layanan yaitu 1) pendekatan penanaman nilai (inculcation approach), 2) pendekatan perkembangan moral kognitif (cognitive moral development approach), 3) pendekatan analisis nilai (values analisys approach), 4) pendekatan klarifikasi nilai (values clarification approach), 5) pendekatan pembelajaran berbuat (action learning approach). Sedangkan metode yang digunakan dalam layanan pendidikan karakter adalah metode Lesson Study, metode Live In, metode hiwar, metode qisbah, metode uswah dan metode pembinaan.